Movie

Genre yang Ada di Anime: Apa Saja dan Apa Bedanya?

Genre yang ada di anime adalah kategori yang digunakan untuk mengelompokkan anime berdasarkan tema, latar, atau gaya cerita yang diusung. Genre anime bisa membantu kita untuk menemukan anime yang sesuai dengan selera dan minat kita.

Genre yang Ada di Anime Berdasarkan Demografi

Salah satu cara untuk mengelompokkan genre anime adalah berdasarkan demografi atau kelompok usia penontonnya. Ada beberapa demografi utama yang sering digunakan dalam industri anime, yaitu:

Kodomo

Anime yang ditujukan untuk anak-anak usia 6-11 tahun. Biasanya anime ini memiliki tema keluarga, persahabatan, petualangan, atau fantasi yang sederhana dan mudah dipahami. Contoh anime kodomo adalah Doraemon, Inazuma Eleven, Ninja Hattori, dan Hamtaro.

Shounen

Anime yang ditujukan untuk remaja laki-laki usia 12-18 tahun. Biasanya anime ini memiliki tema aksi, petualangan, komedi, olahraga, atau fantasi yang menarik dan seru. Contoh anime shounen adalah One Piece, Naruto, Dragon Ball, My Hero Academia, dan Hunter x Hunter.

Shoujo

Genre yang ada di anime ini ditujukan untuk remaja perempuan usia 12-18 tahun. Biasanya anime ini memiliki tema romansa, drama, komedi, atau fantasi yang manis dan menyentuh. Contoh anime shoujo adalah Sailor Moon, Cardcaptor Sakura, Fruits Basket, dan Nana.

Seinen

Anime yang ditujukan untuk pria dewasa usia 20-40 tahun. Biasanya genre yang ada di anime ini memiliki tema yang lebih kompleks, serius, gelap, atau realistis. Contoh anime seinen adalah Ghost in the Shell, Berserk, Akira, dan Monster.

Josei

Anime yang ditujukan untuk wanita dewasa usia 20-40 tahun. Biasanya anime ini memiliki tema yang lebih matang, mendalam, emosional, atau realistis. Contoh anime josei adalah Nodame Cantabile, Honey and Clover, Paradise Kiss, dan Chihayafuru.

Genre di Anime Berdasarkan Tema

Selain berdasarkan demografi, genre anime juga bisa dibedakan berdasarkan tema atau subyek cerita yang diangkat. Ada banyak tema yang bisa dijadikan genre anime seperti:

Action

Anime yang menampilkan adegan-adegan aksi yang menegangkan dan spektakuler. Biasanya anime ini melibatkan pertarungan fisik, senjata api, ledakan, kejar-kejaran atau perang. Contoh anime action adalah Attack on Titan, One Punch Man, Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba, dan Jujutsu Kaisen.

Romance

Anime yang menampilkan kisah cinta antara dua atau lebih karakter. Biasanya anime ini melibatkan percintaan, kencan, cemburu putus cinta atau pernikahan. Contoh genre yang ada di anime romance adalah Kimi ni Todoke, Your Lie in April, Kaguya-sama: Love is War, dan Horimiya. Kami juga memiliki beragam rekomendasi anime romantis.

Comedy

Anime yang menampilkan humor atau kelucuan dalam cerita atau karakternya. Biasanya anime ini melibatkan lelucon situasi konyol ekspresi lucu parodi atau slapstick. Contoh anime comedy adalah Gintama, Nichijou, Konosuba: God’s Blessing on this Wonderful World!, dan The Disastrous Life of Saiki k.

Fantasy

Anime yang menampilkan dunia imajinatif atau khayalan dengan unsur-unsur magis atau supranatural. Biasanya anime ini melibatkan sihir naga peri monster elf dewa-dewi atau dunia paralel. Contoh genre yang ada di anime fantasy adalah Re:Zero – Starting Life in Another World, No Game No Life. Anda juga perlu tahu apa saja anime isekai overpower.

Sci-Fi

Anime yang menampilkan dunia fiktif dengan unsur-unsur ilmiah atau teknologi canggih. Biasanya anime ini melibatkan robot, alien, ruang angkasa, masa depan, atau eksperimen. Contoh anime sci-fi adalah Steins;Gate, Code Geass: Lelouch of the Rebellion, Psycho-Pass, dan Dr. Stone.

Slice of Life

Anime yang menampilkan kehidupan sehari-hari karakter-karakternya dengan cara yang realistis atau relatable. Biasanya anime ini melibatkan kegiatan sekolah, pekerjaan, keluarga, persahabatan, atau hobi. Contoh anime slice of life adalah K-On!, Barakamon, March Comes in Like a Lion, dan Yuru Camp. Cari tahu juga rekomendasi anime harem dari kami.

Kata Penutup

Itulah beberapa genre yang ada di anime yang bisa kita ketahui. Tentu saja, masih ada banyak genre lain yang belum disebutkan di sini, seperti horror, mystery, sports, harem, mecha, dan lain-lain. Genre anime bisa menjadi salah satu cara untuk menemukan anime yang sesuai dengan selera kita.

Baca Juga: Nama Daerah Bali yang Terkenal Hingga Daerah Wisata yang Wajib Dikunjungi 

cbtvn

Recent Posts

Hotel Dekat Stasiun Yogyakarta

Hotel-hotel yang terletak dekat dengan Stasiun Yogyakarta sangat populer di kalangan wisatawan. Ini karena letaknya…

4 minggu ago

7 Rekomendasi HP Vivo Harga 2 Jutaan Tapi Keren

Vivo Harga 2 Jutaan - Di tengah perkembangan industri smartphone yang semakin pesat, konsumen seringkali…

2 bulan ago

10 Ide Desain Tangga Rumah Sempit yang Cantik dan Simpel

Desain Tangga Rumah Sempit - Dalam desain rumah modern, tangga tidak hanya menjadi elemen fungsional…

2 bulan ago

Cara Maxwin Slot Pragmatic dengan Strategi yang Efektif

Cara Maxwin Slot Pragmatic - Permainan Slot Online telah menjadi favorit bagi banyak penggemar judi…

2 bulan ago

4 Game Slot yang Bisa Kirim Chip ke Higgs Domino

Pertumbuhan teknologi dan inovasi dalam industri game online telah membawa pengalaman bermain game ke tingkat…

3 bulan ago

Biaya Pengiriman Motor Antar Pulau dari 5 Ekspedisi Terkemuka di Indonesia!

Pentingnya memahami biaya pengiriman motor antar pulau menjadi aspek penting bagi pemilik kendaraan yang hendak…

4 bulan ago