Business

Perbedaan SEO On Page dan SEO Off Page yang Harus Anda Ketahui [2024]

Di era digital ini, memiliki website yang mudah ditemukan di mesin pencari menjadi kunci utama untuk meraih kesuksesan online. Dalam hal ini, Search Engine Optimization (SEO) berperan penting sebagai strategi jitu untuk meningkatkan visibilitas website di mata Google dan mesin pencari lainnya. Namun, terdapat beberapa istilah dari dunia SEO yang sedikit sulit dipahami atau dibedakan, seperti perbedaan SEO On Page dan SEO Off Page.

Namun, SEO bukan hanya satu konsep tunggal, melainkan terbagi menjadi dua pilar utama: SEO On Page dan SEO Off Page. Memahami perbedaan dan hubungan keduanya merupakan langkah krusial untuk merajai mesin pencari. 

Di dalam artikel ini, kita akan membahas perbedaan SEO On Page dan SEO Off Page. Sebelum melanjutkan, akan lebih baik jika Anda memahami dan belajar SEO secara menyeluruh terlebih dahulu, agar lebih mudah mengikuti pembahasan artikel ini.

Arti SEO On Page

Sebelum memasuki inti pembahasan, Anda harus mengetahui apa itu SEO On Page dan SEO Off Page. SEO On page adalah praktik optimasi berbagai elemen internal website agar website tersebut mudah dipahami dan disukai oleh mesin pencari serta pengguna.  

Bisa dibilang, SEO on page berfokus pada “menata dan mempercantik rumah” website Anda agar nyaman dan menarik bagi para pengunjung. Jika Anda sudah tahu cara membuat backlink, Anda dapat memahami perbedaan keduanya dengan mudah.

Arti SEO Off Page

Selanjutnya, mari membahas apa itu SEO Off Page. SEO off page (dalam bahasa Indonesia disebut SEO di luar halaman) adalah segala aktivitas optimasi website yang dilakukan di luar website itu sendiri. Berbeda dengan SEO on page yang fokus pada konten dan struktur internal website, SEO off page berfokus pada membangun kredibilitas dan popularitas website di mata mesin pencari dan pengguna lain di dunia online.

Dengan kata lain, SEO off page  bertujuan untuk  “mempromosikan” website Anda agar dikenal lebih luas. Semakin banyak website lain yang merekomendasikan website Anda, misalnya melalui backlink, maka semakin tinggi nilai dan kepercayaan mesin pencari terhadap website Anda. Hal ini berdampak pada peningkatan peringkat website Anda di hasil pencarian.

Perbedaan SEO On Page dan SEO Off Page yang Harus Anda Ketahui [2024]

Berikut ini adalah perbedaan SEO On Page dan SEO Off Page yang harus Anda ketahui:

Perbedaan SEO On Page

SEO On Page berfokus pada optimasi elemen internal website, bagaikan menata dan mempercantik rumah agar menarik bagi tamu. Elemen-elemen ini meliputi:

  1. Konten: Kualitas dan relevansi konten menjadi raja. Pastikan konten informatif, unik, dan sesuai dengan target audiens. Gunakan keyword yang tepat dan optimalkan meta description dan title tag.
  2. Struktur Website: Tata letak website yang rapi dan mudah dinavigasi sangat penting. Buat struktur URL yang terorganisir dan gunakan heading tags (H1, H2, dll.) untuk membagi konten secara logis.
  3. Kecepatan Website: Website yang lambat bagaikan rumah yang bocor. Pastikan website Anda memiliki kecepatan loading yang optimal untuk memberikan pengalaman pengguna yang baik.
  4. Optimasi Mobile: Saat ini, mayoritas pengguna internet mengakses website melalui perangkat mobile. Pastikan website Anda responsive dan mobile-friendly agar nyaman diakses di berbagai perangkat. Jangan lupa untuk terus memantau ranking website Anda dengan mengikuti cara cek ranking website.

Perbedaan SEO Off Page

Berbeda dengan SEO On Page yang fokus pada internal website, SEO Off Page berfokus pada membangun kredibilitas dan popularitas website di mata dunia luar, bagaikan mempromosikan rumah Anda kepada tetangga. Berikut beberapa tekniknya:

  1. Backlink: Dapatkan backlink (tautan) dari website lain yang relevan dan berkualitas. Semakin banyak backlink berkualitas yang mengarah ke website Anda, semakin tinggi kredibilitas website di mata mesin pencari.
  2. Social Media Engagement: Bangun interaksi aktif di media sosial. Bagikan konten menarik, jalin komunikasi dengan audiens, dan dapatkan likes, shares, dan komentar. Aktivitas ini menandakan kepada mesin pencari bahwa website Anda populer dan bermanfaat bagi pengguna.
  3. Brand Mention: Dapatkan sebutan merek (brand mention) di website lain, forum online, atau media sosial. Semakin banyak website lain yang membicarakan merek Anda, semakin tinggi kredibilitas dan popularitas website Anda.
  4. Guest Blogging: Tulis artikel berkualitas di website lain yang relevan dan cantumkan backlink ke website Anda. Strategi ini membantu menjangkau audiens baru dan meningkatkan kredibilitas website Anda.

Itulah perbedaan SEO On Page dan SEO Off Page yang harus Anda ketahui. Memasuki gerbang dunia digital tanpa strategi SEO yang tepat bagaikan berlayar tanpa kompas. SEO On Page dan SEO Off Page menjadi dua kemudi handal yang mengantarkan website Anda mengarungi samudra online yang luas, menjangkau target audiens, dan meraih puncak kesuksesan.

Selain mengetahui perbedaan SEO On Page dan SEO Off Page, perlu diingat bahwa mempelajari SEO adalah proses yang berkelanjutan. Teruslah menggali informasi, beradaptasi, dan konsisten dalam menerapkan strategi SEO yang efektif. Dengan dedikasi dan kerja keras, website Anda akan menjadi bintang yang bersinar terang di jagat maya, menarik pengunjung, meningkatkan konversi, dan mengantarkan Anda mencapai tujuan bisnis yang gemilang.

cbtvn

Recent Posts

Keyword Research Adalah: Penjelasan dan 7 Cara Riset Kata Kunci Paling Mudah!

Di era digital yang kompetitif ini, riset kata kunci merupakan kunci utama untuk membuka pintu…

10 menit ago

7 Contoh Nama Website Terbaik yang Bisa Anda Jadikan Inspirasi!

Memilih nama website yang tepat adalah langkah krusial dalam membangun identitas digital yang kuat dan…

17 menit ago

6 Strategi Ampuh Link Building yang Patut Anda Coba!

Di dunia SEO, backlink bagaikan mata uang yang menentukan nilai website Anda di mata mesin…

23 menit ago

6 Cara Mendapatkan Kata Kunci SEO Berkualitas!

Memilih kata kunci yang tepat adalah salah satu aspek terpenting dalam Search Engine Optimization (SEO).…

28 menit ago

7 Cara Cek DA PA Blog yang Bisa Anda Coba!

Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA) adalah dua metrik penting dalam Search Engine Optimization…

38 menit ago

6 Cara Cek Ranking Website Dengan Mudah!

Di era digital ini, website menjadi salah satu elemen penting dalam membangun kehadiran online bagi…

42 menit ago